Jumat, 29 Mei 2009

Hal-Hal Yang Tidak Disukai Boss Kita

Dekat dengan Boss bukan berarti kita harus menjilat. Resepnya gampang kok, tinggal tunjukkan ke-profesional-an Anda dan menghindari hal-hal yang tidak disukai Boss kita, sbb :

  1. Bohong ; Katakan sejujurnya pada Boss pencapaian hasil kerja Anda. Bila Anda memperoleh tugas dan belum terselesaikan, jelaskan dengan baik, ringkas dan jelas mengapa hal tersebut terjadi. Jangan membuat alasan yang dibuat-buat misalnya banyak meeting dengan klien, siapa tahu Boss melakukan cross cek, dan bila ternyata Anda ketahuan berbohong, kredibilitas Anda akan turun dimata Boss dan Anda menjadi tidak dipercaya lagi.
  2. Lempar Batu Sembunyi Tangan ; Hal ini terjadi bila setiap ada kesalahan, Anda selalu melempar kesalahan tersebut kepada orang lain alias mencari kambing hitam. Lebih baik Anda berterus terang dan mengatakan yang sejujurnya disertai permintaan maaf dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi. Dengan demikian atasan akan lebih menghargai Anda.
  3. Pemberontak ; Pemberontak disini diartikan sebagai penolakan terhadap suatu tugas yang dibebankan kepada kita, tidak mau dibantah, atau diperintah dan tidak pernah menyelesaikan tugas dengan baik. Bila atasan menanyakan tentang tugas yang diberikan, hanya memberikan alasan dan jawaban yang berputar-putar dan tidak jelas.
  4. Tidak Disiplin ; Tidak ada satu perusahaan pun yang menyukai anak buah yang tidak disiplin, sering datang terlambat, kurang cakap mengerjakan tugas, tidak pernah menepati deadline, dan sering absen tanpa alasan yang tidak jelas. Hal itu menunjukkan bahwa Anda kurang bertanggungjawab pada pekerjaan Anda.
  5. Rajin Mengeluh ; Hindari terlalu banyak berkeluh kesah, sebaiknya alihkan energi Anda ke hal-hal yang lebih positif, misalnya mereview kembali tugas yang telah Anda selesaikan agar kedepan menjadi lebih baik lagi. Sesekali mengeluh mungkin masih wajar, tapi mengeluh terlalu sering bisa menyebabkan Anda dinilai sebagai orang yang tidak loyal pada perusahaan.
  6. Tidak Bersemangat dan Malas ; Tidak ada satu atasan pun yang suka melihat anak buahnya tampak ogah-ogahan, lemes dan tidak bersemangat dalam bekerja. Selalu tampil rapi dan bersemangat sangat baik untuk kemajuan karir Anda.