Senin, 27 Oktober 2008

Bunda Bekerja dan Politik Kantor


Di kantor, pasti ada 2 kubu yang berbeda, yaitu ibu-ibu dan bukan (belum menjadi) ibu-ibu. Atau bisa disebut MOM dan NON MOM. Kadang-kadang NON MOM sering kurang sependapat dengan MOM, karena sebagai ibu-ibu kenapa sih kita ini selalu mendapatkan prioritas lebih dari Kantor, misalnya ijin karena anak sakit, ambil rapor anak dll...
MOM... lebih sering merasa bersalah bila tidak bisa melaksanakan tugas sebagai karyawan, apalagi bila merasa tidak bisa melaksanakan tugas sebagai IBU. Perasaan ini sering di sharing kan kepada NON MOM dengan maksud agar dimengerti/dipahami.

Jika Anda adalah golongan NON MOM, Ingatlah bahwa suatu hari nanti Anda akan menjadi seorang ibu (MOM). Cobalah untuk melihat sudut pandang seorang ibu. Atau dengan kata lain, fokuslah menjadi seorang BUNDA YANG BEKERJA.

Jika Anda seorang BUNDA BEKERJA, Anda kemungkinan akan bekerja demi INCOME/menambah income di keluarga. Jadi pekerjaan Anda sangatlah penting. Setiap hari antara 9 sampai dengan 11 jam Anda meninggalkan rumah untuk bekerja. Setelah pekerjaan selesai, Anda harus menyiapkan makan malam, mandi, dan istirahat Anda atau segala tetekbengek urusan rumah tangga lainnya.
Atas semua hal tersebut, Anda sebagai BUNDA BEKERJA pastilah tidak memiliki banyak waktu untuk Anda sendiri. Beda dengan NON MOM, dimana setelah bekerja, mereka masih sempat nonton Film di bioskop, Shopping atau sekedar jalan-jalan untuk melepas kepenatan.
Lalu, bagaimana kita dapat melakukan semuanya dengan baik? Bagaimana mengatur kepentingan pribadi kita dengan seimbang?

1. Lakukanlah
Semua orang mempunyai perbedaan dalam mengatur tanggungjawabnya. Mungkin Anda punya 2 pekerjaan, tiga orang anak dan tidak punya mobil. Beberapa orang mungkin tidak punya Saudara dekat atau orang terdekat yang dapat dimintai pertolongan.
Yang pertama kali harus dilakukan adalah TETAPLAH POSITIF. Aturlah waktu seefisien mungkin, prioritaskan waktu untuk tugas-tugas penting.

2. Manjakanlah Diri Anda
Bertemanlah dengan satu atau dua orang ibu-ibu yang sering kamu temui di kantor, di sekolah anak, atau di tempat penitipan anak. Sewa film atau DVD dan siapkan waktu dirumah untuk menonton film kesukaan mu itu. Pergi salon, jalan-jalan atau memasak.. Intinya lakukanlah pekerjaan yang kamu sukai, hal ini akan mempengaruhi mood Anda.

3. Putuskan dengan baik
Beberapa hal ini mungkin terlihat sangat mendasar, tapi penting untuk di perhatikan. Biasanya hal ini sering menyebabkan bos anda atau teman lain komplain, sbb :
  • Datang tepat waktu dan pulang tepat waktu
  • Minimumkan telpon secara pribadi
  • Gunakan ijin sakit hanya jika diperlukan
  • Gunakan jatah cuti Anda sebaik-baiknya misalnya hanya diambil ketika anak sakit atau keperluan mendesak lainnya.
  • Gunakan jasa pembantu atau baby sitter untuk membantu menjaga anak Anda
  • Tunjukan bahwa tetap dapat bekerja dalam team
  • Hindarkan mental "no-overtime-ever" atau tidak mau lembur
Anda dapat sukses sebagai BUNDA BEKERJA, dengan perencanaan dan empati, sehingga Anda dapat membagi tugas antara pekerjaan, keluarga dan anak.