Senin, 27 Oktober 2008

TIPS SEBELUM RESIGN


Selamat, Anda diterima di perusahaan yang Anda impikan. Hal itu berarti Anda bisa meninggalkan perusahaan lama Anda dan juga BOS Anda....
Sebelum Anda mengajukan "pengunduran diri" dan mengucapkan "Selamat Tinggal" pada Bos Anda, baca tips-tips berikut ini tentang bagaimana mengajukan "pengunduran diri" secara profesional.

Tips 1 :
Berikan pemberitahuan minimal 2-4 minggu sebelum tanggal terakhir Anda bekerja. Tergantung seberapa besar tanggungjawab yang Anda emban.

Tips 2 :
Liat kembali pekerjaan-pekerjaan yang tertunda, project2 yang belum dikerjakan dsb, Buatlah rencana bagaimana pekerjaan tersebut dapat terselesaikan sebelum Anda resign.

Tips 3 :
Siapkan surat resign Anda. Tulislah "resign efektif per tanggal/bulan/tahun dengan alasan mendapatkan tugas/pekerjaan yang lain. Tuliskan kesempatan apa yang Anda peroleh di kantor yang baru. Jangan menyebutkan sesuatu yang negatif tentang pekerjaan Anda sekarang. Ingat, surat resign Anda akan disimpan di file Personalia dan akan dibaca oleh Manager ataupun Direktur Perusahaan Anda. Berikanlah kesan bahwa Anda keluar secara baik dan profesional.

Tips 4 :
Jangan cerita-cerita pada teman kerja dan kolega Anda kalau Anda mau resign. Ceritakanlah setelah Anda memperoleh persetujuan dari atasan Anda.

Tips 5 :
Tetap tenang apabila kabar resign Anda sudah diketahui temen-temen kerja. Berlakulah sebagai personal. Jelaskan dengan obyektif tanpa memberikan pernyataan yang menjelek-jelekkan tempat kerja Anda sekarang. Ceritakan tentang pekerjaan Anda yang baru, tapi jangan ceritakan tentang salary yang akan Anda dapatkan sekarang.

Tips 6 :
Bersiaplah untuk segera meninggalkan kantor Anda sekarang. Ada beberapa perusahaan yang mempunyai kebijaksanaan untuk mempercepat karyawan yang sudah mengajukan untuk resign. Hal tersebut jangan Anda ambil hati. Laksanakan dengan lapang dada.

Tips 7 :
Begitu Anda menyatakan diri untuk resign, orang akan beranggapan Anda akan bekerja dengan "seenaknya". Tunjukkan pada mereka, bahwa Anda tetap bekerja dengan baik, disiplin dan tepat waktu.

Tips 8 :
Sebelum Anda meninggalkan kantor lama Anda, rapikan semua dokumen pekerjaan Anda, berikan catatan mana yang belum dikerjakan, dan mana yang sudah. Berikan kepada atasan Anda pekerjaan-pekerjaan yang sudah dan sedang Anda kerjakan beserta penjelasannya. Bila perusahaan belum menemukan pengganti Anda, hal ini akan memudahkan atasan Anda untuk meneruskan pekerjaan/project Anda yang belum terselesaikan.

Tips 9 :
Jangan pernah berkata "Aku gak akan kerja di tempat seperti ini lagi" Siapa tau Anda akan kembali bekerja di perusahaan ini, atau dengan orang-orang yang masih terlibat di perusahaan lama Anda. Bila Anda mengucapkan hal itu, berarti Anda menutup masa depan Anda sendiri.

Tips 10:
Bila HRD melakukan interview kenapa Anda keluar (exit interview) laksanakan dengan tenang dan tetep positive, walaupun Anda dipancing untuk menceritakan kejelekan bos Anda, janganlah terpancing. Tetap katakan hal-hal yang positive.

Tips 11:
Berikan penghargaan pada perusahaan lama Anda. Bagaimanapun Anda membenci pekerjaan dan perusahaan Anda, perusahaan tersebut telah memberikan ilmu, kesempatan dan pengalaman yang tak ternilai bagi Anda. Jadi tetap hormatilah perusahaan Anda tersebut.